SEKILAS INFO
: - Kamis, 11-07-2024
  • 7 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMA Negeri 1 Ampek Angkek
CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN PERSIAPAN PEMBELAJARAN

oleh Mursal Y, S.Pd

Guru SMAN 1 Ampek Angkek

Beberapa perubahan yang terjadi pada kurikulum merdeka dari apa yang selama ini diterapkan pada kurikulum 2013 pada prinsipnya memberikan kemerdekaan atau keluluasaan kepada guru dalam proses pembelajaran termasuk masalah materi dan penekanan pembelajaran. Kalau dalam kurikulum 2013 harus menyampaikan konten pembelajaran yang sudah diatur dan disedikan dalam bentuk kompetensi dasar atau yang dikenal dengan KD sedangkan pada kurikulum merdeka guru memeiliki keleluasaan karena yang disediakan dalam bentuk capaian pembelajaran atau CP yang bisa dikembangkan oleh guru sesuai dengan kekhasan daerah dan karakter satuan pendidikan.

Sebelum membahas tentang apa yang harus dilakukan guru dalam mempersiapkan pembelajaran pada kurikulum merdeka ada beberapa hal yang sebaiknya kita pahami terlebih dahulu. Pertama: Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka harus dipandang sebagai bentuk penyempurnaan kurikulum bukan penggantian kurikulum. Perubahan dan penyempurnaan bukan berarti semuanya baru dan yang lama tidak terpakai sama sekali.  Kedua:  Beberapa komponen yang disiapkan dan dikerjakan oleh guru pada kurikulum merdeka juga telah kita lakukan di kurikulum sebelumnya namun nama dan penekanannya berbeda. Hal ini dapat dicontohkan: Silabus pada Kurikulum 2013 , di kurikulum merdeka Alur Tujuan  pembelajaran (ATP),  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kurikulum 2013 di kurikulum merdeka  modul ajara, ada juga yang menyebut modul ajar adalah RPP plus,  Kompetensi Inti di kurikulum 2013 pada kurikulum merdeka Capaian Pembelajaran (CP), KD pada kurikulum 201`3 d kurikulum merdeka Tujuan Pembelajaran (TP),  dan beberapa persamaan lainnya. Hal ini penting kita pahami sehingga kita tidak gagap dalam menghadapi dan menyikapi perubahan kurikulum.

 

Memahami CP dalam Persiapan Perangkat Pembelajaran

Kompetensi mutlak yang harus dimiliki seorang guru adalah kemampuan untuk merencanakan pembelajaran, kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran, kemampuan untuk mengevaluasi atau melakukan asessmen pembelajaran dan kemampuan untuk melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi atau asessmen. Keempat kemampuan tesebut merupakan tugas utama yang dilakoni guru. Keempat tugas utama tersebut harus dipahami dan dilakoni guru dengan benar dan saling terkait dan terhubung. Kemampuan, cara, teknik dan strategi guru dalam menjalankan keempat tugas utama ini akan sangat mempengaruhi hasil belajar yang dilakasanakan nantinya.

Dari uraian di atas jelas tergambar bahwa hasil dan kulitas pembelajaran diawali oleh perencanaan pembelajaran yang baik. Langkah awal yang dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran adalah menyusun perencanaan pembelajaran atau yang sering lebih popular di kalangan guru dikenal dengan sebutan perangkat pembelajaran. Pergeseran istilah dari penyusunan perencanaan pembelajaran menjadi perangkat pembelajaran secara tidak sadar kadang telah mengubah  arti dari fungsi perencanaan itu sendiri. Perencanaan pembelajaran yang dianggap sebagai perangkat pembelajaran sering menjadikan tugas utama kita dalam perencanaan hanya sebagai kebutuhan administrative saja. Perencanaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran harus menjadi landasan yang bisa membantu guru dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.

Penyusunan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan sangat dipengaruhi oleh cara mereka membaca dan memahami setiap tuntutan yang ada dalam kurikulum. Sebelum menyusun perencanaan pembelajaran seyogyanya guru terlebih dahulu memahami tuntutan yang diamanat oleh kurikulum pada masing-masing mata pelajaran. Pemahaman tuntutan yang diamanat oleh kurikulum ini sangat mempengaruhi perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru. Misalnya pada kurikulum kurikulum 2013 sebelum menyusun Silabus dan RPP guru hmemulainya dengan melakukan analisis keterkaian KI-KD dan Indikator, sering terlupakan untuk memahami raung lingkup dan tujuan pembelajaran mata pelajaran.  Begitu juga dengan kurikulum merdeka. Sebelum menyusun TP, ATP dan Modul ajar ada beberapa hal yang harus dipahami dan dicermati oleh guru telebih dahulu.

  1. Memahami Rasional Mata Pelajaran

Sebelum menyusun perencanaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran yang harus dilakukan guru pertama sekali adalah memahami rasional mata pelajaran yang ada di Capaian Pembelajaran (CP).  Memahami Rasional mata pelajaran ini sangat penting dilakukan karena akan memberikan gambaran jelas kepada guru tentang mata pelajaran yang diampunya.  Pemahaman guru terhadap rasional mata pelajaran akan menuntunya untuk berfikir dan menganalisasi tutntutan dan cakupan mata pelajaran yang diharapkan atau diinginkan oleh capaian pembelajaran.  Apa bila guru  memahami rasional mata pelajaran maka dia akan mengetahui alasan pentingnya mata pelajaran tersebut untuk dipelajari.

Memahami rasional mata pelajaran akan membantu guru untuk melakukan pekerjaan berikutnya yaitu melakukan analisis capaian pembelajaran. Guru dalam melakukan analisi capaian pembelajaran akan mempunyai pedoman yang jelas dalam memperlkukan setiap butir-butir CP yang ada. Kedalaman materi yang dibelajarkan di masing-masing CP akan dirahkan oleh pemahaman rasional mata pelajaran yang dimiliki guru, bukan hanya sekedar penilaian subjektiftas smeta tentang penting tidak pentingnya materi diajarkan kepada peserta didik melainkan berdasarkan pemikiran untuk apa dan apa pentingnya materi itu diajarkan.

Memahami rasional mata pelajaran juga akan memberikan gambaran kepada guru tentang fungsi dan ruang lingkup mata pelajaran yang diampunya. Pemahaman akan fungsi dan ruang lingkup mata pelajaran ini sangat penting oleh guru.  Guru akan mengetahui kompetensi apa yang harus diberikan kepada peserta didik sebagai bekal baginya. Ruang lingkup mata pelajaran akan memberikan batasan minimal kompetensi yang harus diajarkan dan dicapai oleh peserta didiknya.

1. Memahami Karakteristik Mata pelajaran

Karakteristik mata pelajaran berisi ruang lingkup materi, elemen-elemen mata pelajaran serta deskripsinya. Langkah berikut yang dilakukan guru adalah memahami karakteristik mata pelajaran yang diampunya.  Memahami karakteristik mata pelajaran adalah hal yang sangat penting . Pada karakteristik mata pelajaran guru akan memahami ruang lingkup setiap materi ajar yang akan diberikan kepada peserta didik. Pemahaman ini akan membuat guru tidak lagi berdebat dengan dirinya sendiri,tentang penting tidak pentingnya satu materi. Penting tidak pentingnya materi didalami lebih atau tidak akan ditentukan oleh ruang lingkup dan elemen-elemen yang baik elemen pengetahuan, elemen keterampilan  mauapun elemen sikap yang harus diberikan dan dimiliki oleh peserta didik. Selain dari itu memahami ruang lingkup dan elemen-elemen mata pelajaran akan sangat berguna bagi guru untuk merancang dan menentukan strategi, metode dan media pembelajan yang akan digunakan.

2. Menganalisis Capaian Pembelajaran

Kurikulum merdeka memeberikan keleluasaan kepada guru dalam penenetuan dan pemberian konten pembelajaran. Berbeda dengan kurikulum 2013 guru diikat dengan KD  yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pada kurikulum merdeka guru diberikan capaian pembelajaran yang berisi kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan.  Capaian pembelajaran yang diberikan berdasarkan fase perkembangan peserta didik memberikan keleluasaan kepada guru untuk menentukan pemberian CP di masing-masing fase dan smester. Selaian dari itu guru juga mendapat kemeredekaan atau keluluasaan untuk menentukan kedalaman masing-masing CP sesuai dengan karakteristika daerah serta potensi yang dimiliki oleh satuan pendidikan.

Terimakasih.

dapat diakses pada link dibawah ini :

http://historicalsmart.blogspot.com/2023/06/capaian-pembelajaran-dan-persipan.html?m=1

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip