SEKILAS INFO
: - Senin, 23-10-2017
  • 3 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website SMA Negeri 1 Ampek Angkek
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Anak

Lingkungan adalah salah satu faktor yang paling besar pengaruhnya bagi pendidikan. Lingkungan mempengaruhi perkembangan karakter anak. Bila anak tumbuh dan berkembang di lingkungan yang baik, santun, dan taat beragama maka anak pun akan tercetak menjadi pribadi yang baik. Tetapi sebaliknya, pengaruh buruk dari lingkungan juga merupakan kebiasaan yang mudah menular, oleh karena itu orang tua harus benar-benar memperhatikan pengaruh lingkungan terhadap pendidikan anak.

Keluarga adalah lingkungan terdekat

Keluarga adalah lingkungan awal dan terdekat anak pada masa tumbuh kembangnya, sementara orang tua menjadi teladan pertamanya. Untuk itu, orang tua harus menjaga sikap karena itu yang akan ditiru oleh anak. SIkap yang baik dari orang tua akan turut serta menanamkan kebiasaan baik di rumah, misalnya taat beribadah, berkata sopan, menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan baik yang telah ditanamkan semenjak dini akan terpatri dalam dirinya sehingga tidak akan hilang walaupun si Anak sudah tumbuh dewasa.

Lingkungan sekolah

Semenjak usia 6 hingga 7 tahun, anak-anak mulai memasuki lingkungan di luar keluarganya yaitu sekolah. Orang tua harus menyadari pentingnya pengaruh lingkungan terhadap pendidikan anak. Oleh sebab itu, mereka harus cermat memilih sekolah yang tepat dengan lingkungan pendidikan yang baik.

Pilihlah sekolah yang menerapkan nilai-nilai yang sama dengan yang Anda anut di rumah, misalnya sekolah berlandaskan agama untuk memperkuat nilai agama yang telah Anda tumbuhkan sejak dini. Perhatikan keadaan sekolah, pilihlah lingkungan sekolah yang bersih, aman, dan kondusif, karena hal ini penting bagi keselamatan buah hati Anda. Yang terakhir perhatikan kualitas para pengajar, bisa dari riwayat pendidikan mereka atau mutu lulusan dari sekolah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Arsip