SEKILAS INFO
: - Jumat, 23-02-2024
  • 6 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMA Negeri 1 Ampek Angkek

fordaSalam Sahabat Muda,

Perkenalkan nama saya Titin Anisa.Saya anak pertama dari dua bersaudara.Saya lahir pada tanggal 8 oktober 1994,dan sekarang saya telah duduk di bangku kelas XII di SMA NEGERI 1 AMPEK ANGKEK.

Saya ikut Forum Anak berawal pada bulan Mei 2011.Awalnya datang surat dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kab.Agam,untuk menghadiri seminar di kantor Bupati Agam di Lubuk Basung.Dalam seminar tersebut,dibuatlah sebuah Forum dibawah naungan BPPKB dan LPA (Lembaga Perlindungan Anak) yang disebut FORUM ANAK DAERAH / FORDA.

Di Forda Agam,saya dipercayai menjadi wakil ketua dalam masa jabatan 2011-2013.Program awal pada masa jabatan kami yaitu merumuskan dan menyelenggarakan agenda yakni pengumpulan baju layak pakai untuk panti asuhan yang ada di Kabupaten Agam.Kami mengumpulkannya baik itu dari SMP/SMA se Kab.Agam maupun dari antusiasme masyarakat sendiri yang mau berdedikasi untuk membantu menyumbangkan baju bekasnya.

Pada tanggal 23 September 2011,saya berkesempatan untuk mewakili FAD Agam untuk mengikuti FORUM ANAK SUMATERA BARAT,dimana kami mengangkat tema “Workshop Perencanaan Strategis Jaringan & Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Sumatera Barat”.Acara workshop tersebut diadakan di Rocky Plaza Hotel Padang selama 3 hari tanggal 23 – 25 September 2011.

Disana saya bisa bertukar pikiran mengenai perlindungan anak,hak anak,penanganan kasus anak dan semua tentang anak.Senang sekali bisa bertemu dengan teman2 dari Forum anak Kab/Kota, kakak2 LBH Sumbar, Bapak/Ibu BPPKB Kab/Kota, Bpk/Ibu P2TP2A Kab/Kota, kakak2 LPA Sumbar, kakak2 TERRE DES HOMMES, Bpk aliansi we can Sumbar, Bpk Komnas HAM Sumbar dan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

Selama Jaringan berlangsung,kami sibuk mengatur Visi,Misi,Strategi,Issue dari suatu Jaringan.Seperti lanjutan dari workshop di Hotel Jakarta lalu,disini juga membahas kendala2 dalam menjalankan suatu program kerja,baik itu dalam bidang geografis(daerah tujuannya) atau dari bidang pendanaannya sendiri.

Disana,kami bisa menangkap bagaimana system pemikiran orang2 yang peduli terhadap perlindungan anak untuk menjunjung tinggi hak2 anak tersebut.Sewaktu jaringan berlangsung yakni selama 3 hari,kami berbagi pengalaman mengenai Kab/Kota masing2,baik dari rekan2 di Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kab. Padang Pariaman, Kota Bukittinggi,Kota Padang,dll.Kmi juga melakukan aktifitas bertukar cerita mengenai sekolah,potret2 anak, penyelewengan hak anak,serta penanganan untuk kasus anak.Disana saya juga mendapat pengalaman fotografi dari teman2 yang mengikuti pelatihan di hotel Grand Malindo Bukittinggi 26 februari kemarin.

forda2Kami juga diberi pegangan sebuah buku yang mencakup tentang Hak Anak dan Perlindungan Terhadap Anak yang berjudul “AKU ANAK DUNIA”.

Setelah Forum Anak Sumatera Barat,Kami duta anak dari FAD Agam juga akan menhadiri Kongres Anak ke XI yang akan diadakan di Batam pada tahun 2012 mendatang.

Itulah cerita saya anak minang, adapun harapan saya agar semua orang dewasa baik itu orang tuamaupun guru dan masyarakat,mau memenuhi 4 dasar hak anak seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 yaitu Hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang,Hak Perlindungan ,Hak Partisipasi. Tetap dengarkan suara anak,dan kami akan bersorak AKU ANAK INDONESIA dan AKU BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA.

Titin Anisa

Forum Anak Daerah Agam

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip